12 Rumus Gaul Online yang Membuat Hati Damai

12 Rumus Gaul Online yang Membuat Hati Damai



Etika merupakan nilai dasar dalam pergaulan manusia. Demikian juga halnya dalam pergaulan manusia di dunia maya. Agar pergaulan bisa terjalin dengan sehat diperlukan juga nilai dasar sebagai norma, yang di dunia maya dikenal sebagai “cyberethics”.

Berdasarkan akal sehat dan penilaian yang baik, cyberethics juga mencakup ketaatan pada ketentuan-ketentuan yang berlaku pada dunia online. Dengan mempraktekkan cyberethics, maka anda akan memperoleh keamanan dan kenyamanan saat berinternet.

Berikut 12 etika yang patut anda perhatikan saat berinternet:

1. Gunakan internet untuk berkomunikasi dan berinteraksi positif dengan orang lain
Email dan pesan singkat membuat anda mudah berhubungan dengan teman-teman, keluarga dan teman kerja, termasuk berbagi ide dan informasi dengan orang lain tanpa dibatasi ruang. Bergabung dalam miling list ataupun situs pertemanan juga bisa menjadi pilihan untuk mempererat pertemanan secara online.

2. Jangan menjadi pelaku cyberbullying
Anggaplah anda sedang bertatap muka saat berinteraksi dengan orang lain secara online. Jagalah kata-kata dan bersikaplah sopan. Hindari bersikap kasar, bicara kotor, dan menjelek-jelekkan atau mempermalukan orang lain. Saat menulis email atau pesan, pastikan jangan gunakan huruf besar semua, karena orang yang membacanya akan menyangka anda sedang marah.

3. Laporkan jika terjadi cyberbullying
Catatlah tiap kali anda mendapati tindakan ciberbullying, dan peringatkan untuk tidak mengulanginya lagi. Jika sudah melebihi batas, segera laporkan ke pihak yang berwenang.

4. Jangan dukung sikap cyberbullying
Jika anda dihina atau diejek seseorang, abaikan saja. Dengan menanggapi ataupun membantahnya sama saja dengan mendukung kebiasaan buruk mereka. Jika anda abaikan, mereka akan pindah sasaran dan berhenti mengganggu.

5. Gunakan internet untuk menambah informasi dan wawasan Anda
Internet tak ubahnya ibarat perpustakaan terbesar di dunia. Anda bisa menemukan beragam informasi, dari kejadian masa lalu hingga peristiwa terkini. Dari matematika dan sains sampai seni dan antropologi. Beragam informasi ini penting bagi anda dalam menata hidup, meningkatkan karir dan membantu dalam mengambil keputusan.

6. Janganlah menjadi seorang plagiat
Internet menyediakan beragam informasi yang bisa anda copy dan gunakan untuk beragam keperluan. Namun, anda harus mencantumkan sumbernya. Jika tidak, anda berarti telah melanggar hak cipta.

7. Nikmatilah musik, video dan game yang ada di internet
Banyak situs yang menyediakan contoh lagu-lagu baru, film ataupun game online. Nikmatilah fasilitas yang diberikan, namun jangan sampai melanggar hak cipta.

8. Jangan mengunduh dan berbagi file yang memiliki hak cipta
Jika anda mengunduh lagu, gambar, film ataupun game yang dilindungi hak cipta, kemudian menyebarluaskannya tanpa ijin berarti anda melakukan pencurian.

9. Gunakan internet untuk shopping online, aplikasi perbankan dan pembayaran tagihan
Internet memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi. Untuk menghemat waktu Anda bisa melakukan belanja via internet, melakukan pembayaran beragam tagihan dan melakukan transaksi perbankan dari mana saja dan kapan saja. Pastikan Anda memilih layanan yang aman dan melakukannya dengan hati-hati.

10. Berhati-hatilah dalam memberikan informasi pribadi anda di internet.
Pastikan bahwa informasi yang anda berikan tidak akan disalahgunakan. Jika tidak, anda bisa menjadi korban para predator dunia maya.

11. Gunakan internet untuk memperluas jaringan sosial Anda
Situs jejaring sosial memberikan fasilitas untuk membuat dan memperluas jaringan, baik jejaring pertemanan maupun profesional. Di samping itu anda bisa juga bisa membuat dan menjaga reputasi online anda.

12. Jangan berbohong
Saat berinteraksi dan berkomunikasi secara online dengan orang lain, bersikaplah jujur. Janganlah berbohong! Jika pertanyaan dari teman anda membuat tidak nyaman atau meminta informasi pribadi, mungkin lebih baik Anda abaikan saja.


Demikian 12 etika yang patut anda perhatikan saat berinteraksi di dunia maya, sehingga pergaulan yang anda bangun bisa membawa manfaat bagi anda dan orang lain.

Sumber : microsoft.com, http://ictwatch.com/internetsehat/

0 komentar: