10 Buah Antioksidan Terbaik

Cegah penuaan dini dengan antioksidan alami! Dari mana Anda bisa mendapatkan asupan antioksidan alami? dari 10 buah kaya antioksidan berikut ini.

Semua orang menggembor-gemborkan kampanye makanan yang kaya antioksidan. Dan beberapa cream kosmetika Anda pasti mengaku mengandung zat antioksidan ini. Terang saja, saat ini penuaan dini adalah salah satu dari ketakutan kebanyakan wanita. Ada banyak spot di wajah, garis kerut di sekitar mata, garis senyum dan dahi, oh tidakkkkk!
Jadi apakah Anda akan hanya tergantung pada cream anti aging itu? Sebaiknya tidak, karena di sini ada 10 buah antioksidan yang wajib Anda santap sebagai sumber antioksidan yang jauh lebih kaya dari cream yang Anda kenakan.


Kismis
Tak mengejutkan jika kismis masuk dalam daftar 10 buah kaya antioksidan. Tentu saja, karena bahan dasar kismis adalah anggur yang memang mengandung zat antioksidan yang tinggi. Anda mungkin menemui kismis ini dalam roti, tetapi coba Anda taburkan pada oatmeal Anda. Humm... rasanya lezat dan tak membuat Anda bosan pada oatmeal harian Anda.


Blackberry

Buah yang beken menjadi brand sebuah ponsel ini juga salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Bentuknya sangat mirip dengan murbey. Namun yang ini berbeda, karena buah tumbuh dalam tangkai yang saling bergerombol. Zat antioksidan yang terkandung di dalam buah ini adalah anthrocyanin, senyawa fenol yang mirip dengan kandungan buah anggur.


Strawberry

Kalau buah yang satu ini Anda tentu sudah sangat akrab kan? Buah strawberry warnanya merah merona, bentuknya khas, aromanya segar. Dan buah Strawberry sangat baik untuk kesehatan. Di pasar juga sudah banyak yang menjual dalam plastik, si buah merah menggemaskan ini. Strawberry mengandung Vitamin K, mangan, Folic acid, potasium, Riboflavin, Vitamin B5, Vitamin B6, magnesium dan omega-3. Dan tak ketinggalan, ia mengandung zat antioksidan yang membuat buah ini berwarna merah menggemaskan.


Blueberry

Blueberry, bukan Blackberry, adalah buah yang berasal dari Amerika Utara. Warnanya hijau, dan akan berubah menjadi ungu jika sudah matang. Rasanya manis, dan aromanya pasti Anda suka. Blueberry mengandung berbagai zat gizi, contohnya beberapa mineral (mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan seng), vitamin B1, B2, B3, dan B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta karbohidrat dan lemak. Dan Antosinin, adalah zat antioksidan yang terkandung dalam blueberry, yang mampu menghambat perkembangan sel kanker, inflamasi, serta baik untuk kesehatan kulit.

Jika Anda tertarik mengonsumsi blueberry ini, di Indonesia tersedia blueberry kalengan yang siap dimakan.


Kurma

Buah kurma adalah buah yang selalu hadir di saat momen puasa. Rasanya manis, bentuknya bulat atau lonjong, warnanya cokelat kehitaman, dan ia adalah buah yang sangat kaya akan nutrisi baik. Buah kurma mengandung kalium (potassium), serat, kalsium, zat besi (Fe), vitamin: A, B2, dan B12, C, aspirin, salisilat, fosfor, sulfur, natrium (sodium), magnesium, cobalt, seng, fluorin, tembaga (Cu), mangaan, selulosa, dan karbohidrat (berupa glukosa dan fruktosa). Kandungan vitamin C-nya berperan sebagai antioksidan, yang pas jika Anda masukkan dalam daftar belanjaan Anda.


Raspberry

Nah, buah yang satu ini mungkin sering Anda nikmati saat membeli ice cream favorit Anda. Dan sama dengan berries lainnya, ia juga kaya akan antioksidan. Buah Raspberry ini jika dikonsumsi secara rutin sangat banyak manfaatnya. Ia dapat mencegah kerusakan sel otak, melancarkan pencernaan, mencegah kanker usus, meminimalisir alergi tubuh, mencegah penyakit jantung, mencegah penuaan dini, dan masih banyak manfaat baik lainnya.


Buah Plum

Buah yang satu ini mungkin tak begitu populer. Namun buah segarnya ada lho di supermarket. Buah ini selain mengandung 38% antioksidan yang jauh lebih banyak daripada blueberry, juga kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Jika Anda ingin berdiet, buah plum ini cocok sebagai bekal pencuci mulut makan siang.


Jeruk

Bentuknya bulat, warnanya kuning keoranyean, dan rasanya asam manis. Sangat cocok diperas sebagai jus atau dimakan begitu saja. Inilah dia si buah jeruk, buah favorit hampir semua orang. Jeruk, seperti yang Anda ketahui mengandung vitamin C yang ternyata sangat baik untuk mencegah pengeroposan tulang, mencegah penyakit batu ginjal, mencegah asma, membantu menurunkan kolesterol, mencegah dan menyembuhkan anemia dan lain sebagainya. Setiap 100 gram jeruk, mengandung energi 45 kkal; protein 0,9 g; lemak 0,2 g; karbohidrat 11,2 g; fosfor 23 mg; kalsium 33 mg; besi 0,4 mg; vitamin A 190 IU; vitamin B1 0,08 mg, vitamin C 49 mg, serta air 87,2 g.


Anggur Merah

Anggur yang satu ini bukanlah minuman yang memabukkan, tetapi benar-benar buah anggur segar yang siap untuk disantap dan dinikmati. Dikutip dari gizi.net, anggur merah jika dikonsumsi rutin setiap hari akan membuat awet muda. Ini karena kadar antioksidan dalam anggur sangat tinggi, dan anggur juga mengandung kalium yang mampu menghambat penuaan dini.


Cherry

Wah buah yang satu ini selain manis bentuknya, kaya pula nutrisinya. Rasanya unik, asam dan manis (terutama jika sudah dikalengkan). Cherry kaya akan vitamin C dan dapat membantu mengatur tekanan darah serta kaya akan serat pencegah kanker. Beta karoten yang terkandung di dalamnya mampu membantu mencegah kanker secara efektif. Selain itu, cherry juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mengurangi resiko infeksi pernafasan (flu dan pilek).

Nah, ada 10 buah kaya antioksidan yang siap Anda santap setiap hari. Sudah, tunggu apalagi yuk kita berburu buah sehat ini.

Sumber : KapanLagi.com - Oleh : Agatha Yunita

0 komentar: