Pengenalan Tools di Photoshop

Gambar 1. Tools pada Adobe Photoshop
Note : disamping nama tiap tools adalah shortcut (langkah cepat selain menggunakan mouse) dengan menggunakan keyboard, misal untuk pilih marquee cukup tekan tombol “m” pada keyboard.

Pada photoshop tools masih ada lagi beberapa tools yang dapat anda munculkan / hilangkan di tools.








Gambar 2. Marquee tools pada Adobe Photoshop

B. Pengenalan Colors di Photoshop
Gambar 3. Colors pada Adobe Photoshop
Photoshop Colors / warna dapat kita munculkan atau hilangkan, cara untuk memunculkannya adalah Windows - Show Colors maka di windows Photoshop akan terbuka box baru spt di contoh samping dimana kegunaan dari box tersebut adalah memudahkan anda dalam memilih warna yang anda inginkan. Dari masing-masing warna tersebut anda dapat meng-klik di tiap warna untuk mendapatkan detail warnanya, bahkan anda dapat menambahkan warna anda sendiri.



C. Pengenalan Layers, Channel, Path di Photoshop
Gambar 4. Layers pada Adobe Photoshop






Gambar 5. Channels pada Adobe Photoshop

Gambar 6. Paths pada Adobe Photoshop
Saya kira inilah yang membuat Photoshop lebih unggul dibandingkan software lainnya. Photoshop memiliki layers dan channels. Layers adalah semacam kertas transparant yang dapat kita coret2x dan dapat pula kita delete tanpa merusak gambar di bawahnya seperti contoh di samping coretan di layers tidak akan merusak warna background coklat. Sedangkan channel adalah media tampung dalam membuat bentuk2x selain dasar dari photoshop (memang agak susah untuk menerangkan apa itu channel, saran saya cobalah menggunakan channel dan anda akan menemukan sendiri apa itu kegunaan channel dan betapa bermanfaatnya channel)


D. Pengenalan History di Photoshop

Gambar 7. History pada Adobe Photoshop
 








Ini dia kelebihan dari photoshop 5 keatas dimana kita bisa melakukan undo (pembatalan operasi) lebih dari satu kali, bahkan berkali-kali, tidak seperti photoshop versi sebelumnya dimana kita mengalami kesusahan apabila ingin melakukan undo.

Untuk download klik disini > tutorial Adobe Photoshop file PDF

0 komentar: