Tune Up Android

#Membuat_Ngebut_Smarphone_Android

Buat yang punya smartphone canggih tapi lemot tak ada gunanya, paling hanya main game doang yang ga k jelas. Memiliki smartphone harus disesuaikan kebutuhan karena secanggih apapun teknologi yang anda pegang kalau tidak bisa memaksimalkan fiturnya ya rugi sekali.

Beberapa user mengeluhkan karena smarphonenya gak bagus, lemot, kurang ini dan itu, padahal karena tidak tau cara memaksimalkannya saja. Android bisa digunakan untuk apa saja, mulai menjadi asisten pribadi, mendukung hobby, sampai menjadi media kerja pengganti laptop. 

Banyak aplikasi yang berjalan, sinyal bar keluar masuk data yang tidak diketahui membuat kerja android anda menjadi lemot, batre cepat habis, kiriman chat jadi pending, dan loading saja saat browsing. Itu karena semua aplikasi yang berjalan di backgraund terlalu banyak yang tidak dapat diketahui sebelum membuka pengaturan aplikasi.
Berikut cara cepat untuk memaksimalkan Android anda :
  • -  Buat teh manis panas, gelas kecil aja, (Karena akan memerlukan waktu kurang dari 15 menit)
  • -  Coba deh sambil denger mp3 : Dave Koz – You Make Me Smile (dijamin feel nya dapet)
  • -  Buka PlayStore, dan cari aplikasi ini :
  • -  DU Battery Saver : Aplikasi ini untuk memaksimalkan penggunaan batre dan aplikasi yang bekerja, aplikasi dan pengaturan android akan dikelola untuk meminimalkan, sehingga penggunaan batre menjadi tahan lama. Aplikasi ini juga sudah mendukung membersihkan RAM, sehingga aplikasi yang tidak diperlukan akan di hentikan.
  • -  Ccleaner : Untuk menghapus file sampah atau cache yang ada di android setelah membuka aplikasi, download dan browsing
  • -  Startup Manager : Untuk mempercepat loading awal dari menghidupkan android. Menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu di load saat startup.
  • -  Smart Keyboard Pro : Aplikasi ini untuk membuat tombol keyboard lumayan besar. Buat yang jarinya besar pas banget ni aplikasi, dan bisa diatur tampilannya, jadi tidak bosen dengan tampilan bawaannya.
Pasang semua aplikasi diatas dan ikuti pengaturan dan cara menggunakannya. Aplikasi diatas berguna untuk penghematan batre, membersihkan RAM, menghindarkan proses aplikasi yang tidak perlu.

Cara meningkatkan kinerja keluar masuk data yang sia-sia. Sebagian pengguna dikeluhkan dengan paket data 2 GB/bulan bisa habis dalam 2 minggu, padahal tidak ada download apapun, hanya chating dan update status aja. Hampir semua aplikasi/game gratis menanamkan iklan, salah satu yang membuat paket data anda dijamin cepat habis.

Berikut layanan data yang masuk secara sia-sia :
  • - Iklan Game/Aplikasi : 90% game memiliki iklan yang muncul jika data aktif.
  • - Update Cuaca : Widget cuaca kebanyakan hanya menampilkan kualitas gambar yang bagus, namun penggunaan data menjadi lebih bnyak
  • - Map : Alangkah baiknya map digunakan saat dibutuhkan saja, jika tidak maka nonaktifkan.
  • - Akses Lokasi : Aplikasi cukup banyak memakan data, karena setiap saat terus melakukan verifikasi tempat anda berada yang menggunakan GPS internal android. Tidak hanya memakan data, tapi bisa boros batre
  • - Email : Kalau butuh membuka email cukup buka lewat aplikasi yang tersedia atau browser saja
  • - Pembaruan sistem : Biasanya akan muncul notifikasi jika ada update terbaru versi android
  • - Update Aplikasi versi terbaru : Menampilkan update semua aplikasi yang terinstal di Android anda dan akan memberikan notifikasi untuk segera melakukan update versi terbaru. Sebaiknya di nonaktifkan di pengaturan PlayStore anda
  • - Sinkronisasi : Hindari saja sinkronisasi kalau anda pengguna yang tidak sibuk dengan jalur media internet atau, semua fasilitas dari google. Karena memakan waktu dan data yang banyak.
  • - Pembaruan update BBM : Ini banyak memakan data, sehingga kadang chat anda bisa gak sampe-sampe, atau juga mengganggu aplikasi chat lain yang berjalan.
Layanan data diatas bisa saja tidak terjadi masalah jika anda menggunakan WIFI atau bar sinyal anda HSUPA/EVDO Rev,B. Tapi untuk konektivitas di Indonesia Cuma omong kosong belaka, janji manis aja 3 mbps, namun kenyataanya gak sampe segitu.
Jika layanan data diatas di nonaktifkan,  dijamin anda melakukan browsing, chat, dan kirim-kirim file, email akan ngebut seperti keong yang menggunakan turbo. Dan lainnya tergantung kartu yang anda gunakan, dan jangkauan sinyal dimana anda berada. Banyak cara lain untuk memaksimalkan, tapi semua cara diatas sudah cukup untuk meningkatkan kinerja smartphone anda.

Original post : alif.tara
#Tool_Android
Semoga Bermanfaat


0 komentar: